Emil Dardak Janji akan Bangun Megapolitan untuk Gerbangkertosusilo

Gresik (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Elistianto Dardak, akan membangun megapolitan di wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusilo). Penegasan ini disampaikan saat menghadiri wisuda sarjana XXVII Universitas Gresik (Unigres), Sabtu (6/10/2018).

Menurut Emil, dirinya berharap alumnus Unigres turut bergabung dalam membangun Jawa Timur. Ia melihat potensi Jawa Timur yang cukup besar berada di wilayah Gerbangkertasusila. Sebab, pembangunan suatu kota tidak dapat terlepas dari pembangunan wilayah sekitarnya.

“Pertumbuhan ekonomi satu kota akan memacu pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Intensitas keterkaitan kota dengan wilayah sekitarnya dipengaruhi oleh adanya kesamaan lingkungan ekosistem dan topografi, infrastruktur, aliran barang dan jasa, aktivitas ekonomi, dan sebagainya,” ujarnya.

Dalam pengelolaan kawasan megapolitan lanjut Emil, semuanya harus terintegrasi. “Saya tidak mau seperti Jabodetabek, yang mulanya ingin membangun megapolitan. Seluruh pusat perekonomian berpusat di Jakarta, akhirnya wilayah sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang belum terintegrasi. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai dibuka tol dari Depok ke Bekasi, dan dampaknya wilayah mereka mulai berkembang,” ungkapnya.

Di Jawa Timur kata dia, wilayah Gerbangkertosusilo bakal menjadi megapolitan dan mendukung perekonomian Jatim, bahkan Indonesia. Karena itu, dukungan alumi Unigres yang berintegritas sangat dibutuhkan untuk membangun kawasan tersebut. “Nyari kerja sekarang susah. Jangan salahkan sarjana dan magister tapi salahkan peluang kerja,” kata Emil.

Sementara itu, Rektor Unigres, Prof Dr H Sukiyat SH MSi berharap wisudawan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di Unigres. “Kami yakin dan percaya bahawa saudara akan berupaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan saudara demi menjaga nama baik almamater saudara,” pungkasnya. [dny/kun]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *